Berita

Memiliki kepedulian tinggi terhadap kemanusiaan dan
memberi perhatian menyeluruh terhadap kepuasan
anggota adalah ciri koperasi kami.

27 March 2017

Rapat Anggota Tahunan Koperasi Pegawai Pelabuhan Indonesia III

Rapat Anggota Tahunan atau disingkat RAT menjadi sebuah forum tertinggi dari sebuah organisasi koperasi yang didirikan. Bahkan, RAT menjadi sebuah pertemuan rutin yang dapat dijadikan pemegang kekuasaan tertinggi di Koperasi. Forum ini forum strategis, forum penting dan tidak boleh dilewatkan. Dalam forum tersebut, semua anggota koperasi hadir tanpa terkecuali. Tujuannya adalah melakukan evaluasi dari kinerja koperasi selama setahun yang lalu, agar ke depannya dapat melangkah ke arah yang lebih baik. Selain itu, RAT membicarakan berbagai permasalahan yang menyangkut perkoperasian dan segera dicarikan solusinya dengan tepat.

Membahas kebijaksanaan umum koperasiDalam RAT juga dibicarakan mengenai kebijaksanaan umum di beberapa bidang pada koperasi. Misalnya, bidang organisasi, manajemen, dan usaha koperasi. Ketiganya menjadi bidang inti dalam pelaksanaan kegiatan koperasi. Semua akan dibicarakan secara mendetail saat RAT. Sebelum penyelenggaraan RAT ini, pengurus mempersiakan konten dan hal-hal yang sifatnya strategis untuk selanjutnya dibawa ke forum tertinggi guna mendapat pengesahan. Beberapa koperasi mengangkat jenis usaha baru koperasi untuk mendapat persetujuan anggota. Hal ini karena pada umumnya penambahan produk dan usaha koperasi adalah atas masukan anggota atau sekelompok anggota, dan untuk hal ini maka anggota yang lain perlu memberikan persetujuan. Ada juta koperasi yang bersifat hati-hati, mengatur bahwa penetapan tingkat bunga pinjman perlu disampaikan kepada seluruh anggota dan perlu mendapat pengesahan dalam RAT. Intinya, hal-hal yang bersifat kebijakan umum yang akan dilaksanakan oleh koperasi setahun ke depan perlu disampaikan kepada seluruh anggota dan mendapatkan persetujuan.

Membagikan SHUPembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) menjadi acara yang paling ditunggu dalam Rapat Anggota Tahunan. Pasalnya, semua anggota koperasi akan menerima SHU dalam wujud nominal uang rupiah. Besarannya disesuaikan dengan hasil usaha yang diterima koperasi tersebut dalam setahun. Lalu, dibagi sama rata dengan jumlah semua anggota koperasi, sesuai pedoman yang telah diatur dalam AD dan ART. Semakin banyak kontribusi anggota terhadap kegiatan koperasi, maka akan semakin banyak SHU yang diperoleh. Misalnya dalam koperasi simpan pinjaman atau unit simpan pinjam sebuah koperasi, semakin banyak anggota mengajukan pinjaman, maka karena adanya aturan tertentu dimana peminjam perlu menyisihkan sebagian pinjaman untuk simpanan wajib pinjaman, maka anggota peminjam ini dipandang telah berkontribusi bagi perputaran uang koperasi. Sejalan dengan SHU dan RAT, maka tidak sedikit koperasi juga memberikan bonus bagi anggota atau pegawai berprestasi. Selain itu, cinderamata seperti payung, jam tangan, atau lainnya diberikan untuk anggota koperasi saat RAT.


* Kitir SHU dapat di lihat dengan login dan password sesuai NIAK pada kitir tagihan simpan pinjam.

Kembali
Pengajuan Pembiayaan